SYL: Presiden Jokowi Turun Langsung Awasi Pembangunan Makassar New Port

By Admin

Foto/Net  

nusakini.com - Pembangunan megaproyek Makassar New Port sudah dimulai sejak pertengahan 2015. Pembangunan pelabuhan yang memakan dana Rp 1,49 triliun ini mendapat pengawasan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan saat ini pengerjaan baru selesai 30 persen. 

"Tanggal 31 Maret nanti masuk triwulan I dan pembangunan proyek ini harus dilaporkan ke pemerintah pusat dalam hal ini dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo. Jadi saya harus bisa beri jawaban mengenai apa yang terjadi di Sulsel ini," katanya saat meninjau megaproyek tersebut didampingi para pejabat SKPD terkait di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Makassar, Senin, (27/3/2017). 

Menurut SYL, pelabuhan ini akan menjadi bagian dari konsolidasi program tol laut Presiden Jokowi. Di mana program ini untuk mensinergikan 12 provinsi di daerah Timur Indonesia khususnya. Dan mengoneksikan dengan 34 provinsi menggunakan tol laut ini. 

Sementara itu, Kepala Satuan Pengelola Proyek (KSPP) Makassar New Port, Arwin ST MT, membenarkan jika total pengerjaan Makassar New Port itu baru 30 persen. 

"Total anggaran proyek Makassar New Port Tahap I paket A, B dan C itu Rp 1,49 triliun. Baru terserap Rp 107,41 miliar per Februari 2017 melalui 30 persen pengerjaan yang selesai," kata Arwin.(b/mk)